Sunday, September 21, 2008

People Power

Tangan terkepal dengan jari telunjuk terangkat. Saya tidak tahu ini simbol apa, tapi entah mengapa memberi kesan keberanian dan kekuatan. Asumsi saya tentu saja lambang gerakan "People Power".

Bapak saya membelinya ketika kami masih tinggal di Manila, Filipina di periode 90-an. Sudah bertahun-tahun bertengger di kunci dapur sampai-sampai gantungannya hilang. Akhirnya sebelum makin rusak, saya selamatkan gantungan kunci ini.

Terbuat dari besi kuningan. Dan, ada tulisan "People Power", sebuah gerakan yang dilakukan masyarakat Filipina untuk menggulingkan rezim Marcos, di akhir 80-an. Sebuah momen bersejarah dan penting bagi demokrasi negara tersebut.

Saat saya dan keluarga mulai menetap di sana (awal tahun 1990), gaung "People Power" masih terus terasa hingga kami pulang ke Indonesia di akhir tahun 1995.

No comments: